--> Skip to main content

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Speaker aktif dan Pasif

BISAELEKTRONIKA – Salah satu cabang elektronika yang menarik untuk dipelajari adalah Audio. Ada kepuasan tersendiri jika bisa meracik audio sistem sendiri mulai dari tone control, amplifier hingga speakernya. Berbicara masalah audio tak akan pernah lepas membahas speaker aktif dan Pasif karena perangkat ini paling sering dijumpai saat ini.

Jika Anda akan mencari Speaker untuk sistem audio biasanya akan dihadapkan pada 2 pilihan yaitu antara Speaker aktif dan Pasif. Terkadang ini bisa membingungkan karena meski fungsinya sama namun dalam penggunaannya terdapat perbedaan yang mendasar sehingga jika salah beli bisa-bisa justru buang-buang uang.

Nah...pada kesempatan ini saya akan membahas perbedaan Speaker aktif dan pasif dengan melihat dari beberapa aspek. Oke langsung saja pada pembahasan :

Baca Juga : 3 Bagian Penting Audio Amplifier

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Sebelum pada topik pembahasan saya ingin menginformasikan dulu blok Diagram sebuah audio sistem 1 kanal yakni :

  1. Pre Amp
  2. Tone Control
  3. Power Ampifier
  4. Speaker

Keempat bagian ini saling berkaitan satu sama lain, jika salah satuanya tidak ada maka kinerjanya juga tidak akan maksimal bahkan jika tidak ada speaker otomatis suaranya tidak akan keluar alias bisu.

Speaker Pasif

Spekaer pasif merupakan sebuah sistem speaker baik yang 2 atau 3 Way yang didesain dalam sebuah kotak khusus. Untuk speaker berkualitas biasanya ditanamkan Cross Over untuk pemisah frekusensi sehingga mutu suara yang dihasilkan lebih detail.

Speaker Pasif baru bisa berfungsi jika dihubungkan dengan output amplifier dengan bantuan kabel jadi jika melihat blok diagram diatas maka speaker pasif ada di nomor 4. Dipasaran sendiri speaker pasif dijual dengan berbagai macam desain seperti Floor standing atau Bookself. Dalam pemilihan speaker Pasif harus menyesuaikan daya output dari amplifier, tidak boleh lebih kecil minimal sama. Jadi misalnya daya output ampifier 100 watt maka speakernya juga harus 100 watt.

Speaker Aktif

Speaker aktif merupakan perpaduan antara ampifier dan speaker dalam sebuah perangkat. Jadi didalam speaker sudah ada amplifiernya. Jika melihat Skema diagram audio sistem diatas maka speaker aktif sudah ada bagian nomor 1 hingga 4. Ini tentu menguntungkan karena perangkat jadi lebih simple, begitu power On bisa langsung digunakan.

Bahkan speaker aktif model terkini fiturnya semakin lengkap, sudah ada radio, USB/MMC input, Gadget input, Bluetooth hingga Karaoke.

Dengan membeli Spekaer aktif tentu tidak perlu Ampifier atau menambah speaker lagi jadi tentunya lebih hemat apalagi jika membeli speaker aktif portabel namun demikian konfigurasinya sulit untuk diutak atik lagi karena sudah disetting dari pabriknya berbeda dengan Speaker pasif bisa diupgrade misalnya ganti speaker atau ganti power ampifier.

Demikianlah informasi seputar perbedaan Speaker aktif dan pasif semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar