--> Skip to main content

Cara Membuat Solder Murah Menjadi Bagus

Solder murah

Cara Membuat Solder Murah Menjadi Bagus – Solder merupakan peralatan wajib bagi yang berkecimpung didunia elektronika entah itu sebagai hobi atau memang sudah menjadi profesi. Bagi pemula seringkali menemui kendala saat akan membeli solder yaitu harganya yang mahal khususnya untuk solder yang berkualitas atau bermerk contohnya Deco

Sebaiknya memang kalau mau beli sekalian yang bagus tapi apa daya dananya terbatas. Pilihanpun jatuh kesolder yang harganya murah. Menurut saya tidak jadi masalah yang penting bisa digunakan untuk menyolder.

Sayangnya meski solder murah bisa digunakan namun berdasarkan pengalaman saya terkadang kepala sodeernya bermasalah ketika akan digunakan untuk menyolder yaitu timah sulit untk menempel atau kadang nempel kadang tidak. Kepala solder yang murah juga biasanya lama kelamaan akan tumpul.

Ini tentu cukup menghambat pekerjaan dalam penyolderan, kadang untuk menyolder 2 kaki komponen saja sudah susah. Jika ini dibiarkan tentunya proyek elektronika tidak akan selesai-selesai.

Baca Juga : Cara Menyolder yang Baik

Tahukah Anda ternyata ada Cara membuat solder murah menjadi bagus tapi dengan biaya yang murah pula. Cocok sekali diterapkan bagi Hobiest elektronika yang saat ini kebetulan hanya memiliki Solder murah dan kepalanya kurang bagus. Bisa juga untuk para hobiest yang akan membeli solder murah sekalian diterapkan cara ini.

Bagaimana Caranya?

Sebelum saya menjelaskan sebaiknya Tonton video saya seputar solder murah ini :

youtube image


Bagaimana? Mudah bukan membuat solder murah menjadi bagus?

Anda cukup membeli mata kepala solder berbahan kristal seharga 8 ribu lalu solder kepala lama diganti dengan kepala solder yang baru.

Saya sudah mencobanya dan terbukti sekarang saya tidak menemui kesulitan saat menyolder karena timah solder bisa mudah meleleh dan menempel dikepala solder sehingga jadi mudah ketika menyolder. Solder saya yang harganya Cuma 15 Ribu jadi serasa solder mahal.

Demikianlah tips seputar cara membuat solder murah menjadi bagus Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar