--> Skip to main content

Mencoba Rangkaian Elektronika

Mencoba Rangkaian Elektronika-Salah satu hal yang harus anda lakukan setelah selesai merakit komponen menjadi sebuah rangkaian adalah mencobanya berfungsi  atau tidak.Namun untuk menghindari  kerusakan komponen karena salah sambung atau salah pasang sebelumnya anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Rangkaian elektronika
Contoh rangkaian mic echo
1.Periksa sekali lagi sambungan kaki-kaki komponen  apakah sudah tersambung sesuai dengan skema rangkaian.
2.Periksa sumber  tegangan apakah besarnya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan rangkaian
3.Pastikan  polaritasnya (positif/negatif) sudah benar jangan sampai terbalik.
4.Setelah sumber tenaga terhubung ke rangkaian perhatikan apakah ada bau asap(biasanya komponen yang terbakar) ,apakah ada komponen yang panas?Kalau anda menemukan segera lepaskan hubungan sumber tegangan dengan rangkaian periksalah kemungkinan terjadi hubungan singkat dalam rangkaian.
5.Setelah sumber tegangan terhubung kerangkaian ,ukurlah tegangan sumber tenaganya bila ada penurunan tegangan yang menyolok  kemungkinan terjadi korstluiting dalam rangkaian atau bisa juga karena ada komponen yang rusak.
Bila semua komponen dalam keadaan baik dan penyambungannya sesuai dengan skema rangkaian biasanya rangkaian sudah dapat bekerja namun bila rangkaian belum dapat  bekerja kemungkinan besar disebabkan karena penyolderan yang kurang sempurna silahkan perikas jalur yang dicurigai dengan ohm meter.
Demikian informasi tentang Mencoba Rangkaian Elektronika semoga bermanfaat Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar