Home » » Menguji Komponen Elektronika

Menguji Komponen Elektronika


Menguji komponen elektronika merupakan langkah yang harus ditempuh ketika anda beniat akan merakit rangkaian elektronika. Pengujian sebelum perakitan sangat penting karena komponen2 yang dirakit harus dalam keadaan baik semua.Setelah yakin komponen2nya baik semua baru anda mulai merakit.Saya biasanya menggunakan alat multimeter.Penjelasannya silahkan dibaca secara seksama dibawah ini.

1. Menguji Kondensator
Caranya adalah sbb:
1.1.Kondensator Elektrolit/Elco
a.Stel skala multimeter pada posisi  Ohm meter
b.Stel  jarum multimeter ke angka nol dengan menghubungkan dua colok merah dan hitam Putar adjusment untuk menyesuaikan.
c.Hubungkan colok merah dengan kaki kondensator kutub negatif,colok hitam ke kaki positif kondensator. Apabila  jarum bergerak dan kembali ketempat semula berarti kondensator tersebut masih baik. Jika bergerak dan kembali tetapi tidak seperti posisi semula berarti rusak. Jika  jarum bergerak tapi tidak kembali berarti bocor.Dan apabila jarum tidak bergerak sama sekali berarti putus.
1.2.Kondensator Non Polar
a.stel skala multimeter pada posisi ohm meter
b.stel jarum multimeter ke angka 0
c.Hubungkan colok ke masing2 kaki.Jika jarum diam berarti kondensator masih baik.Jika jarum bergerak berarti rusak.

1.3.Menguji variabel kondensator/Varco
Menguji variabel kondensator  berbeda dengan menguji kondensator elektrolit.Jika pada kondensator elektrolitt yang diuji adalah tingkat kebocorannya maka pada variable kondensator yang diuji adalah ada tidaknya hubungan singkat antara rotor dan stator.Jika keduanya berhubungan maka tidak bisa digunakan karena korsleting karena akan menimbulkan suara gemerisik pada radio. Caranya mengujinya adalah sbb:
a.Stel saklar multimeter pada posisi  Ohm meter.
b.Stel jarum keangka 0
c.Hubungkan colok merah dan colok  hitam pada masing-masing kaki.
d.Putar rotornya. Apabila jarum tak bergerak sama sekali berarti varco dalam keadaan baik. Jika bergerak-gerak maka komponen ini terjadi kontak langsung/korsleting.

2.Mengji Resistor
2.1.Resistor Tetap
Kondisi resistor dapat diketahui dengan mengukur hambatannya dengan multimeter.Jika nilai hambatan yang ditunjukkan multimeter tidak sama dengan nilai yang terbaca melalui warna resistor berarti resistor tersebut sudah rusak.Salah satu ciri resistor yang sudah rusak antara lain bodinya hangus atau pecah.
2.2.Potensio/Variabel Resistor
a.Stel saklar multimeter pada posisi ohm meter.
b.Stel jarum keangka 0.
c.Hubungkan colok merah dikaki tengah,colok merah dikaki 1 atau 3 sambil diputar sampai maximum.Apabila jarum bergerak berarti potensio masih baik.Bila tidak bergerak berarti rusak.
3.Menguji Dioda












Pada umumnya dioda akan rusak jika mendapat arus maju yang terlalu besar atau tegangan balik yang terlalu tinggi.cara mengujinya adalah sbb;
a.Stel Saklar pada posisi Ohmmeter,
b.Hubungkan colok merah dengan kaki katoda dan colok  hitam dengan kaki anoda.Jika jarum bergerak menunjuk angka tertentu berarti dioda masih baik.
c.Kemudian pindahkan pencolok merah pada kaki anoda dan colok  hitam pada kaki katoda.Jika jarum diam berarti dioda masih bagus.jika jarum bergerak berarti dioda tersebut rusak.

4.Menguji Transisitor.
Untuk menguji transistor anda harus bisa menentukan kaki transistor terlebih dahulu.
Caranya adalah sbb:
a.Stel saklar multimeter pada posisi Ohm meter.
b.Stel jarum keangka 0.
c.Untuk jenis PNP hubungkan colok merah kekaki basis,kemudian secara bergantian colok hitam dihubungkan kekaki kolektor dan emitor.Apabila keduanya menunjuk keangka tertentu berarti transistor baik.Bila jarum tidak bergerak berarti transisitor rusak.
d.Untuk jenis NPN hubungkan colok hitam kekaki basis,kemudian secara bergantian colok merah dihubungkan kekaki kolektor dan emitor.Apabila keduanya menunjuk keangka tertentu berarti transistor baik.Bila jarum tidak bergerak berarti transisitor rusak.

5.Menguji Transformator
Tips untuk anda saat membeli transformator: ujilah ditempat anda membeli.Mintalah garansi apabila ada masalah waktu dirakit bisa ditukar.Saya punya pengalaman membeli transformator 5A waktu diuji ditoko ok tapi ketika dicoba dialiri tegangan tiba tiba listrik mati sampai keluar asap,padahal rangkaiannya sudah benar,untungnya bisa ditukar lagi.
Untuk menguji transformator caranya sbb:
a.Stel saklar pada posisi Ohm meter.
b.Stel jarum keangka 0
c.Hubungkan colok merah dengan salah satu kaki di gulungan primer, colok hitam pada kaki yang lain di gulungan primer. Bila jarum bergerak maka transformator dalam keadaan baik.
d.Pada gulungan sekunder lakukan hal yang sama. Apabila jarum multimeter bergerak-gerak maka transformator dalam keadaan baik. .
e.Letakkan colok merah  ke salah satu kaki di gulungan primer kemudian colok yang lain ke gulungan sekunder. Apabila jarum tidak bergerak maka trafo dalam keadaan baik,
f.Langkah terakhir, letakkan colok merah atau ke salah satu kaki di gulungan primer atau sekunder kemudian colok yang lain ke plat pengikat gulungan yang berada di tengah. Apabila jarum tidak bergerak maka trafo dalam keadaan baik.
Sekarang anda sudah bisa Menguji Komponen Elektronika sendiri,silahkan dipraktekkan.

5 comments:

andri bode said...

makash b0z

ivan verys said...

Thanks udah share sob , bermanfaat infonya !!


bisnistiket.co.id

Farras sibarani said...

bermanfaat bener

uzii said...

Thank's gan infonya...
.
.

Muh. Nasta'in said...

izin copast gan,, trims

Post a Comment